Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif
Rabu, 23 Maret 2022 ada momen istimewa alhamdulillah selalu dikaruniai kesehatan dan keberkahan. Momen istimewa tersebut bisa mengikuti undangan kegiatan digital marketing.
Bimbingan teknis digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif menjadi momen membangun jejaring informasi, peningkatan kompetensi pengetahuan, ketrampilan dan nilai.
Malang memiliki potensi ekonomi kreatif, seperti animasi, kuliner, musik cukup besar. Ekonomi kreatif berbasis ide bisa dikolaborasi dengan digital.
Digital marketing selalu memperhatikan data-data aktual. Sistem rating sangat efektif pada digital marketing, review dan semacamnya.
Digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif diselenggarakan oleh Kemanparekraf Rabu 23 Maret 2022 di Hotel Aria Gajayana Kota Malang.
![]() |
Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif |
![]() |
Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif |
![]() |
Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif |
![]() |
Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif |
Kegiatan digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif menjadi penting, salah satunya transformasi digital dewasa ini berkembang secara cepat, terhubung dengan praktis meski berada di wilayah dan ruang berbeda.
Pixabay.com. Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya |
Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya
Literasi Digital
Literasi merupakan sebutan universal yang merujuk kepada seperangkat keahlian serta keahlian orang dalam membaca, menulis, berdialog, menghitung, serta membongkar permasalahan pada tingkatan kemampuan tertentu yang dibutuhkan dalam kehidupan tiap hari. Sehingga, literasi tidak dapat dilepaskan dari keahlian berbahasa.[1]
Sebutan literasi diucap selaku literatus, maksudnya merupakan orang yang belajar. Berikutnya, National Institute for Literacy menarangkan kalau yang diartikan dengan literasi merupakan keahlian seorang buat membaca, menulis, berdialog, menghitung, serta membongkar permasalahan pada tingkatan kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, keluarga, serta warga. Education Development Center( EDC) pula ikut menjabarkan penafsiran dari literasi, ialah keahlian orang memakai kemampuan yang dimilikinya, serta tidak sebatas keahlian baca tulis saja. UNESCO pula menarangkan kalau literasi merupakan seperangkat keahlian yang nyata, spesialnya keahlian kognitif dalam membaca serta menulis yang terlepas dari konteks di mana keahlian yang diartikan diperoleh, dari siapa keahlian tersebut diperoleh serta gimana metode memperolehnya.
Digital ialah penggambaran dari sesuatu kondisi bilangan yang terdiri dari angka 0 serta 1 ataupun off serta on( bilangan biner). Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang berusia, hingga berjumlah 10( 10). Nilai 10 tersebut terdiri dari 2 radix, ialah 1 serta 0. Seluruh sistem pc memakai sistem digital selaku basis informasinya. Bisa diucap pula dengan sebutan bit( binary digit).
Literasi Digital Inklusif( disingkat LIDI) merupakan bagian dari program Hackathon Merdeka yang khusus mengarahkan literasi digital kepada kanak- kanak sekolah setara SMP di daerah- daerah di segala Indonesia. Sebab targetnya merupakan anak serta anak muda, modul yang diajarkan merupakan permainan development. Program ini awal kali diinisiasi di Sleman, Yogyakarta, serta ditularkan ke daerah- daerah lain selaku percontohan.[1][2][3]
Bersumber pada halaman Wikipedia, revolusi digital pula dapat kita katakan selaku bentuk globalisasi, ialah proses integrasi yang dicoba secara internasional sebab terdapatnya pertukaran pemikiran dunia, pemikiran, produk, serta bermacam aspek kebudayaan lain sebab terdapatnya kenaikan infrastruktur telekomunikasi internet serta moda transportasi.
Sebagian manfaat lain dari masa digital merupakan sebagai berikut:
1. Kemudahan Dalam Berkomunikasi
2. Mobile serta Fleksibel
3.Internet Lebih Dominan Daripada Pemakaian Pulsa
4. Mudah Berbelanja serta Mendapatkan Bermacam Perihal yang Diperlukan
Digital Marketing
Digital marketing ataupun pemasaran digital pula mempunyai makna yang lebih luas. Digital marketing bagi para pakar merupakan pemakaian teknologi digital serta fitur yang didukung koneksi internet buat menggapai sasaran pemasaran( Rob Thompson dari Trendjackers). Jadi, definisi digital marketing dapat disimpulkan selaku aktivitas pemasaran yang mengaitkan pemakaian jaringan serta teknologi digital buat menggapai tujuan pemasaran tertentu.
Strategi Digital Marketing
Berikut strategi digital marketing buat tingkatkan penjualan Kamu:
1. Search Engine Marketing( SEM)
Strategi digital marketing yang satu ini ini mengaitkan pemakaian mesin pencari, semacam Google, Bing, Yahoo, ataupun Facebook. SEM sendiri dipecah jadi 2 zona, ialah SEO serta PPC.
Search Engine Optimization
Metode ini dicoba dengan mengoptimasi konten digital marketing Kamu supaya timbul di taman awal Google tanpa wajib membayar ke penyedia iklan. Buat lebih lengkapnya, silakan baca postingan kami tentang SEO serta metode menerapkannya.
Pay- per- Click( PPC)
Berbeda dengan SEO, PPC dicoba dengan membayar beberapa bayaran kepada penyedia iklan supaya modul digital marketing Kamu senantiasa terletak di hasil paling atas dikala calon pelanggan mencari keyword tertentu cocok produk Kamu. Hasil yang timbul dari PPC umumnya mempunyai label“ Angkatan darat(AD)” ataupun“ Iklan”.
2. Influencer/ Affiliate Marketing
Benar, semacam yang telah Kamu duga, metode digital marketing ini mengaitkan pihak lain, ialah influencer ataupun mitra afiliasi buat menolong Kamu memasarkan produk.
Influencer marketing dicoba dengan membayar jasa influencer di internet, kemudian influencer tersebut hendak memasarkan produk Kamu kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.
Affiliate marketing mengaitkan mitra, serta Kamu membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka sukses menjual produk Kamu. Contohnya, Hostinger mempunyai program afiliasi buat memasarkan produk secara lebih luas.
3. Content Marketing
Semacam namanya, metode digital marketing ini dicoba dengan bermacam proses yang mengaitkan konten, baik dengan membuat, mengelola, ataupun memposting konten. Kamu memakai konten buat“ membujuk” pengguna membeli produk ataupun jasa yang Kamu tawarkan.
Nah, buat mendukung content marketing, sangat dianjurkan supaya Kamu membuat web sendiri, dengan memilah nama domain yang pas serta layanan website hosting terbaik. Apabila telah mempunyai web, spesialnya yang SEO- friendly, Kamu dapat mengoptimasi konten di web Kamu supaya timbul di taman awal mesin pencari sehingga bisnis Kamu lebih diketahui secara luas.
4. Email Marketing
Email marketing merupakan strategi digital marketing yang dicoba dengan mengirimkan email kepada pelanggan( subscriber). Poin utama metode ini tidaklah semata- mata mengirimkan email, tetapi gimana Kamu buatnya semenarik bisa jadi supaya pelanggan ingin membacanya, apalagi mengeklik promosi dalam email Kamu.
5. Social Media Marketing
Strategi pemasaran ini dicoba lewat media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Kamu ataupun dengan“ menitip” iklan di jejaring sosial. Kamu dapat promosi bisnis lewat TikTok, Facebook, Twitter, ataupun YouTube. Nyaris seluruh platform media sosial saat ini sediakan layanan buat mempromosikan bisnis.
6. Viral Marketing
Viral marketing merupakan metode pemasaran yang dicoba sekreatif bisa jadi supaya orang- orang tertarik buat membagikannya secara luas.
7. Mobile Marketing
Tata cara ini memakai media berbentuk fitur seluler, tetapi dengan metode tidak hanya memakai koneksi Internet. Mobile marketing sendiri dipecah jadi 2 wujud, ialah telemarketing serta SMS marketing.
Telemarketing
Metode ini dicoba lewat telepon, dengan menghubungi no ponsel pelanggan. Selaku contoh, industri yang sering memakai metode ini merupakan perbankan ataupun pembiayaan( finance). Telemarketing pula dapat digunakan selaku tata cara yang lumayan efisien buat retensi pelanggan, sebab dirasa lebih personal serta membuat pelanggan merasa istimewa.
SMS Marketing
Tata cara ini dicoba memakai layanan SMS buat mengirimkan pesan promosi massal ke no ponsel pelanggan. Walaupun saat ini SMS telah tidak sering sekali digunakan buat berbicara, sebagian industri masih memakai metode ini buat mempromosikan produk ataupun layanan mereka. Salah satu keunggulannya merupakan metode ini dapat dicoba dengan kilat serta lebih murah, diucap dengan“ SMS Blast”.
8. Radio Advertising
Jangan salah, radio advertising pula tercantum digital marketing strategy loh. Metode ini sempat sangat terkenal dikala pendengar radio masih sangat banyak. Walaupun begitu, dengan kecanggihan teknologi dikala ini yang membolehkan radio didengarkan lewat Internet, metode ini pula masih lumayan jitu buat memasarkan produk Kamu.
9. Televisi Advertising
Beriklan di Televisi hingga dikala ini masih jadi salah satu yang sangat terkenal. Kamu dapat membeli slot buat beriklan ke stasiun tv buat memasarkan produk. Terus menjadi terkenal kegiatan yang lagi tayang, umumnya terus menjadi mahal pula slot iklannya. Jenis- jenis iklan yang ditampilkan pula bermacam- macam, semacam iklan di antara sela waktu kegiatan, iklan running text, ataupun yang ditampilkan langsung dalam acaranya( sponsor).
1. NetFlix Contoh Digital Marketing yang Sukses
Contoh awal tiba dari platform streaming asal Amerika Serikat ialah Netflix. Mereka menjual bermacam kemudahan serta mutu no satu bermacam film. Wajib diakui angka langganannya lumayan mahal. Apabila dibanding dengan bermacam kompetitornya semacam disney plus, catchplay, cuma saja platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda.
2. Gojek Contoh Digital Marketing yang Sukses
Nama Gojek tentu telah tidak asing lagi ditelinga, dimana layanan tersebut membagikan pergantian besar untuk Indonesia. Lompatan semacam ini yang memanglah wajib dimanfaatkan serta dapat ditiru generasi penerus.
3. Tokopedia Contoh Digital Marketing yang Sukses
Diantara bermacam E- Commerce di Indonesia wajib diakui Tokopedia jadi yang awal serta hingga dikala ini masih di hati para pelanggannya. Meski telah banyak pemain turun, menawarkan bermacam kebutuhan.
4. By. U Contoh Digital Marketing yang Sukses
Selanjutnya merupakan By. U operator telepon seluler ini dinilai sangat berhasil merebut hati pelanggan provider lain. Mereka melaksanakan metode digital marketing dengan join ataupun bekerja sama, memperoleh hasil.
5. Jenius BTPN Contoh Digital Marketing yang Sukses
Akibat terbanyak dari pemakaian teknologi merupakan bank, dimana seluruh telah alihkan manual jadi digital seluruh. Langkah BTPN dalam menangkap kemauan pasar tersebut kesimpulannya disambut baik, tidak heran apabila penggunanya banyak.
Mudah- mudahan pembahasan contoh digital marketing membagikan bekal untuk penunjang kegiatan usaha yang hendak serta lagi ditekuni.
Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya
Sumber Referensi:
1. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Literasi
2. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Literasi_Digital_Inklusif
3. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Digital
4. https:// accurate. id/ teknologi/ digital- adalah/
5. https:// www. hostinger. co. id/ bimbingan/ apa- itu- digital- marketing
6. https:// www. dreambox. id/ web/ contoh- digital- marketing- yang- sukses- dan- dapat- anda- tiru/
60 Comments
Sekarang memang sudah zamannya melakukan marketing door to door menawarkan produk. Digital marketing dinilai lebih efektif dan lebih menjanjikan karena digitaslisasi di banyak bidang.
ReplyDeleteMenyesuaikan dengan kondisi perkembangan jaman, dimana semua hampir sudah terdigitalisasi memang digital marketing ini sekaranh jadi sebuah tuntutan
ReplyDeleteiya mbak, kalau usahanya mau maju, produknya banyak yang beli, strategi pemasarannya memang harus di ubah ke digital marketing
Deletehari gini, gak mau berpindah ke digital marketing
ReplyDeletesama dengan cari mati/bangkrut ya?
berlaku di semua bidang, terlebih UMKM
Luas ya cakupan digital marketing bagi pelaku ekonomi dan di era digital seperti sekarang mau tidak mau, suka tidak suka harus menerima banyak perubahan dan mengikuti. Kalau tidak tertinggal dan cuan jauh deh, he...he...he..Salam: Dennise Sihombing
ReplyDeleteDigital marketing ini memang baru berkembang dan perlu dipelajari lebih lanjut. Tentu saja, karena dampaknya yang luas dan sangat efektif bila target pasarnya tepat
ReplyDeleteSenangnya bisa mengikuti acara digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh Kemanparekraf Rabu 23 Maret 2022 di Hotel Aria Gajayana Kota Malang. Peran digital marketing saat ini memang sangat penting
ReplyDeleteSiap tidak siap, suka atau tidak, nyatanya digital marketing harus dikuasai agar UKM bisa berkembang mengikuti kemajuan jaman dan keinginan publik. Karena pada kenyataannya digital marketing sudah merajai bisnis saat ini.
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya mb. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeleteseiring perkembangan teknologi, rasanya pelaku UMKM harus menyesuaikan perkembangan zaman ini bila gak mau usahanya mati
ReplyDeletewah, akhirnya bisa seminar offline ya pak. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletewah, seneng ya akhirnya bisa seminar offline, pak. jadi makin seru, udah materinya ciamik ketemu banyak teman juga..
ReplyDeletedigital marketing tuh bener-bener penting lho ya... bisnis apapun kalo marketing nya ga jalan jadi susah dan malah bayar orang marketing kan. jadi sepertinya profesi apapun emang wajib belajar maketing sejak dini sih. seru pasti ya kalo belajar marketing bareng2
ReplyDeleteLengkap sekali dan ada saja yang bisa diambil sebagai pilihan untuk digital marketing. Mungkin bisa dibuat artikel lain untuk setiap tipe digital marketing karena masing-masing punya teknik khusus.
ReplyDeleteContoh digital marketing yang disebutin emang familiar banget, walaupun nggak pakai semuanya. Sekarang emang penting banget ya buat paham digital marketing ini apalagi buat pelaku ekonomi.
ReplyDeleteGeliat ekonomi UMKM di Malang dan Batu begitu cepat, apalagi daerah Wisata dengan banyak destinasi yang begitu menarik. Workshop ini pastinya sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Sudah saatnya UMKM naik kelas dengan beralih ke digital
ReplyDeletesekarang memang eranya pelaku ekonomi wajib memanfaatkan teknologi dan prinsip digital marketing ya untuk memaksimalkan usahanya
ReplyDeleteDigital marketing... semakin marak dan semakin terdengar gaungnya terlebih kala pandemi melanda dan kala semuanya dilakukan secara on line
ReplyDeleteberubah atau kalah, semuanya berubah menjadi digital, termasuk dunia marketing
ReplyDeleteLho, saya kemarin juga ikut kegiatan ini. Alhamdulillah banyak dapat ilmu bermanfaat dari acara ini
ReplyDeleteDigital marketing adalah salah satu ilmu yang sebaiknya dikuasa jika ingin menaklukkan pasar pada saat ini. Ketika semua menjadi global, promosi juga harus secara digital.
ReplyDeletedigital marketing merupakan solusi pemasaran saat ini yang semuanya sudah berubah menjadi digital, jika ingin berkembang lebih luas ya harus berubah
ReplyDeletedi jaman serba teknologi canggih dengan internet, semua kegiatan bertransformasi ke arah digital ya. hampir di semua sektor. mau gak mau ya kita juga ikut bertansformasi. termasuk pelaku usaha dan ekonomi kreatif. agar bisa bertahan dan bersaing
ReplyDeleteKapan bisa event kaya gini lama gak ikut kaya ginian jadi pengen banget biar bisa nambah ilmu
ReplyDeletedigital marketing luas banget sih. Mungkin kalau umkm baru awal2 fokus ke google my business, social media marketing, google ads, dan pake influencer utk promosi.
ReplyDeleteBanyak juga contoh digital marketing yang sukses. Pantas saja profesi ini jadi yang paling diincar di jaman digital ini.
ReplyDeleteDigital Marketing sekarang memiliki momentumnya, pasca pendemi semua orang dipaksa beralih ke teknologi digital, sehingga hampir seluruh kehidupan kita berlangsung di dunia digital ini. Jadi untuk yang ingin produknya laku ya harus tahu bagaimana memasarkannya secara digital.
ReplyDeleteZaman now emang serba digital. Pelaku UMKM pun harus melek digital juga. Ayo manfaatkan. Wah, acaranya udah offline nih.
ReplyDeletejaman sekarang digital marketing banyak dipilih oleh para pengusaha untuk mempromosikan usahanya, aq pun merasa ini pilihan yang pas karena sekarang ini semua serba digital
ReplyDeleteHahaha sms marketing ini saya sering dapat hadiah hingga ratusan juta. Namun, karena saya lagi ga butuh, ya saya abaikan aja (hehehe...angkuh betul).
ReplyDeleteTapi emang ya, walaupun spammy, tapi metode blasting ini ternyata juga cukup efektif ya. Buktinya jalan terus spam sms-nya 😅
Penting banget deh belajar SEO buat digital marketing yang mau kontennya hampil di page muda google. Jadi tambah semangat pengen terus belajar nih.
ReplyDeletewah beruntung ya bisa ikutan acara ini, nambah ilmu seklaigus nambah relasi, penting banget bagi pegiat usaha
ReplyDeleteWah, ada contoh-contoh digital marketing yang sudah sukses. Penting banget untuk studi banding bagi pelaku ekonomi terutama UMKM.
ReplyDeleteYang bikin saya heran itu By.U telkomsel. Kayaknya di tempat saya belum ada dan paketnya masih mahal menurutku, tapi udah terkenal aja.
ReplyDeletebisnis udah gak bisa lagi mengandalkan penjualan secara konvensional ya. karena udah masuk jamannya revolusi industri 4.0 dimana teknologi digital menjadi bagian kehidupan yang cukup penting. tahu dan belajar soal digital marketing jadi suatu keharusan bagi pelaku usaha dan ekonomi kreatif, termasuk saya.
ReplyDeleteKalau mau bertahan bahkan tambah sejahtera memang harus belajar digital marketing. Ini sangat membantu. Asyiknya si bisa diaplikasikan ke mana saja sepanjang produk itu bisa dionlinekan.
ReplyDeleteLengkap banget ulasannya bang, sepertinya sekarang ini hampir semua usaha baik itu produk maupun jasa memang ga bisa jauh dari digital marketing.
ReplyDeletesaya rasa semua orang sudah merasakan digital marketing. tinggal kita cuma mau jadi penikmat atau pelaku yang mendaptkan untung dari digital marketing ini
ReplyDeleteTernyata digital marketing bukan hanya berkutat pada jualan online di medsos atau marketplace doang ya. Ada banyak bidang lainnya. Hehehe...
ReplyDeleteManfaat terkait digital marketing emang kerasa banget sih. Urusan dapatin barang dengan mudah juga. Belanja online mah udah jadi hal biasa saat ini.
DeleteBanyak juga ya media untuk digital marketing. Benar2 harus dimanfaatkan untuk pelaku ekonomi ni.
ReplyDeletedigital marketing saat ini memang semakin banyak diminati ya, jenisnya pun banyak, tinggal pilih aja yang mana sesuai budget dan juga keperluan bisnisnya :)
ReplyDeletesetuju banget.. sekarang zamannya serba digital... mau ga mau harus mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi...
ReplyDeleteJaman sekarang memang Era digital ya, penting banget pastinya bagi pelaku usaha untu mempelajari ilmu digital marketing ya. Ada beragam juga jenis digital marketing ini, siip Kak infonya
ReplyDeleteMenarik ya dunia digital marketing ini dan aku cukup salut dengan digital marketing tokopedia. Dulu aku perhatiin tokped hampir tenggelam ya sekarang bisa tetap bertahan dan bersaing, keren
ReplyDeletesangat banyak juga jenis-jenis digital marketing, dan memang di era serba digital saat ini kebutuhan akan jasa digital marketing juga semakin banyak permintaan.
ReplyDeleteZaman sudah berubah semua serba digital , jadi pelaku usaha pun harus dapat beradaptasi agar tidak tertinggal
ReplyDeletesenangnya bisa ikutan seminar digital marketing, offline pula, bisa sekalian berjejaring ya kak
ReplyDeleteDulu saya pikir digital marketing itu sama dengan internet marketing. Ternyata berbeda ya, internet marketing itu cuma bagian dari digital marketing
ReplyDeleteZaman sekarang memang beda ya, mas. Beragam platform menawarkan kemudahan dalam bidang digital dan masyarakat pun diberikan kemudahan lewat penggunaan platform digital tersebut
ReplyDeleteSaya cukup sering juga dihubungi oleh telemarketer suatu perusahaan asuransi berbasis bank. Saat waktu sedang senggang boleh deh meluangkan waktu untuk itu, tp kl sedang otw saya tolak baik2, telemarketing termasuk strategi dalam digital marketing ya Mas
ReplyDeleteDi jaman sekarang yang serba digital, tipe marketingnya pun juga perlu menyesuaikan ya, paling seneng saya kalau sudah bahas digital marketing.
ReplyDeleteAlhamdulillah bisa offline euy, jadi kangen event beginiii. Bahas digital marketing selalu dinamis ilmunya gitu
ReplyDeleteDigital marketing saat ini memang memiliki pengaruh besar, apa-apa serba online. Btw saya juga penikmat gojek & Tokopedia, hehe
ReplyDeleteMaterinya sangat bermanfaat sekali ya,
ReplyDeletebisa buat kita lebih paham dengan internet marketing